Sebagai orangtua, mengatasi anak yang susah makan memang dibutuhkan kesabaran dan strategi tersendiri. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting dalam mengetahui penyebab dari anak susah makan dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi.

cute-girl-eating-apple_23-2147824147.jpg

Anak-anak biasanya mengalami Picky Eater atau susah makan saat usianya memasuki 1 tahun. tetapi ada juga anak yang susah makan saat usianya 2-5 tahun.

Ketika itu, pertumbuhan si kecil akan menjadi sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan masa sebelumnya. Karena disebabkan oleh menurunnya selera makan, sehingga susah makan atau tidak mau makan sama sekali.

KENALI PENYEBAB ANAK SUSAH MAKAN DAN TIPS UNTUK MENGATASINYA

Ketika anak susah makan, maka orangtua harus mengetahui dulu apa sih penyebabnya. Karena setiap penyebab memiliki cara yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut ini ialah beberapa sebab anak susah makan :

Anak Menolak Saat Diberi Makan

Untuk si kecil, makan merupakan sebuah keterampilan yang baru dikuasainya. Penting baginya untuk memilih makanan apa yang ingin dia masukan ke mulutnya.

beautiful-child-having-breakfast-home_1301-3642.jpg

Sehingga tidak heran jika si kecil bisa memakan habis makanan yang disediakan orangtuanya di hari pertama, namun menolak dihari berikutnya. Saat pikiran dan kemauannya berubah, maka selera makanannya pun bisa ikut berubah.

Hal yang bisa dilakukan orangtua ialah :

  • Coba untuk lebih bersabar dan jangan memaksa si kecil untuk makan. Dan untuk mengurangi rasa khawatir terhadap asupan nutrisinya. Bunda bisa mencoba menghitung kebutuhan dan asupan nutrisinya selama 1 minggu terakhir.

Anak Hanya Memilih Makanan Tertentu

Bagi anak balita, mengkonsumsi makanan padat merupakan hal atau kemampuan yang baru bisa dilakukan. Maka dari itu, dibutuhkan waktu agar mereka terbiasa dengan macam warna, rasa dan tekstur dari makanannya.

african-american-mother-daughter-aprons-eat_94347-846.jpg

Untuk cara mengatasinya, orangtua bisa memperkenalkan macam-macam jenis makanan secara perlahan pada si kecil yang susah makan. Mungkin si kecil akan mulai tertarik memakannya jika disajikan beberapa kali.

Kemudian, Moms juga bisa mengenalkan jenis makanan baru yang disandingkan dengan makanan kesukaannya. Oh ya, jangan berikan si kecil makan berdekatan dengan waktu tidurnya. Karena jika si kecil sudah merasa lelah, maka dapat mempengaruhi minatnya untuk mencoba makanan baru.

Si Kecil Hanya Mau Makanan Instan

Pada umumnya, makanan instan banyak mengandung gula, garam dan lemak atau kolesterol, tetapi rendah akan nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka beresiko mengalami diabetes, obesitas dan hipertensi.

little-girl-eating-banana-picnic-park_23-2147893000.jpg

Contoh makanan instan yang disukai anak yaitu es krim, kentang goreng, pizza, burger, dan minuman bersoda.

Tipsnya :

Moms jangan simpan stok makanan instan dirumah ya, serta jangan juga membiasakan diri untuk memesan dan mengkonsumsi makanan siap saji. Karena anak biasanya akan meniru kebiasaan orangtuanya termasuk dalam hal makanan.

Untuk itu, Moms bisa menyediakan makanan sehat sebagai penggantinya. Agar anak juga terbiasa dalam mengkonsumsi makanan sehat yang ada dirumah.

Si Kecil Menjadi Tidak Mau Makan Setelah Kemarin Banyak Makan

Ternyata hal ini umum terjadi bagi anak usia 1-3 tahun. Dimana sikecil akan memiliki selera makan yang tinggi, namun keesokan harinya malah terjadi sebaliknya.

child-having-breakfast_23-2148079571.jpg

Ini hal wajar dan Moms tidak perlu memaksa si kecil untuk makan. Moms bisa tentukan batas waktu untuk si kecil dalam mengkonsumsi makanan yang sudah disediakan. Kemudian, minta si kecil untuk makan tidak melebihi dari batas waktu yang sudah ditentukan.

Dan pada saat seperti ini, batasi dulu si kecil untuk mengkonsumsi jus buah dan susu. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsinya, si kecil akan mudah kenyang dan menolak untuk makan.

Si Kecil Hanya Mau Makan Satu Jenis Makanan

Jika si kecil tiba-tiba susah makan selama berhari-hari atau hanya mau makan satu macam makanan saja, itu bukanlah hal aneh. Alasannya, si kecil tidak tertarik dengan makanan baru yang belum dia ketahui rasanya.

cute-little-child-with-watermelon_1157-19858.jpg

Moms harus tetap tenang dalam menghadapinya, kemudian coba tawarkan pilihan makanan lain. Tapi tetap ya Moms jangan memaksanya apalagi memarahinya jika si kecil tidak mau makan.

Nah, jika si kecil sudah lebih besar, maka Moms bisa melakukan strategi lain yaitu dengan membawanya jalan-jalan ke supermarket. Moms bisa menawarkan si kecil untuk mengambil 2 jenis buah dan sayuran dan 1 jenis cemilan. Kemudian setelah dirumah, ajaklah si kecil untuk ikut menyiapkan makanan sebelum mengkonsumsinya.

Makanan Kesukaan Si Kecil Tiba-Tiba Di Tolak Juga

Jika awalnya masih terasa wajar saat si kecil susah makan. Namun, bagaimana jika tiba-tiba makanan kesukaannya pun tidak mau dia makan?

Tinggi Badan Dapat Berubah Setiap Saat.jpg

Jangan khawatir ya Moms, karena hal ini hanya bersifat sementara. Jika si kecil tidak mau makan hari ini. Bukan berarti hal ini akan berlaku selamanya. Tetap tawarkan makanan yang ia tolak pada hari berikutnya.

Jika si kecil menolak minum susu, maka Moms bisa pilih makanan yang mengandung susu lainnya seperti Yoghurt atau Keju. Namun jika si kecil tetap menolak, maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya Moms bisa berikan vitamin nutrisi anak untuk tambahannya.

Apakah Moms Sudah Tahu Nama Vitamin Nutrisi Anak Untuk Penambah Nafsu Makan?

Nama vitamin nutrisi anak ini yaitu Zinc Capsule yang diproduksi oleh TIENS.

Zinc capsule ini terbuat dari Zinc laktat, serbuk protein dari telur dan glukosa. Di proses menggunakan teknologi modern, sehingga memiliki kualitas terbaik dikelasnya.

Zinc_Tiens_isi_60_Kapsul.jpg

Rasa dari Zinc kapsul ini manis, sehingga anak tidak akan menolak saat diberi zinc ini.

Cara konsumsinya pun mudah loh Moms :

  • Bisa langsung diberikan kapsulnya dan dikunyah
  • Atau bisa dicampur ke susu formula dan makanan si kecil. Cukup di tabur dan tidak akan merubah rasa dari makanannya.

Lalu Apa Sih Manfaatnya?

Jelas manfaatnya ialah untuk menambah nafsu makan si kecil agar menjadi lahap kembali. Namun disamping itu banyak manfaat lain yang diberikan dari Zinc capsule ini diantaranya:

  • Membantu mempertahankan metabolism normal
  • Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta regenerasi jaringan
  • Dapat membantu memelihara fungsi imunitas tubuh normal
  • Membantu menjaga keseimbangan hormone
  • Memelihara penglihatan normal dan kesehatan kulit
  • Meningkatkan perkembangan otak besar
  • Meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat
  • Serta membantu meningkatkan pertumbuhan tulang

Nah, banyak banget kan Moms dari manfaat Zinc kapsul Tiens ini. Selain menambah nafsu makan, anak juga bisa merasakan manfaat lainnya.

Dan Moms juga jangan khawatir ya, karena produk Zinc kapsul ini sudah lolos uji BPOM dan tersertifikasi halal oleh MUI. Sehingga bisa dipastikan aman dan halal untuk dikonsumsi.

Yuk, tunggu apalagi Moms.

Untuk order bisa melalui WhatsApp ataupun Shopee ya.. Karena kami buka toko online di Shopee dengan nama TIENS Bandung.

Jangan sampai salah toko ya, karena kami merupakan agen distributor terpercaya yang jual produk ORI nya saja!

HATI-HATI PRODUK TIRUAN!